Stres Juga Bikin Kreatif

سْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Artikel ini, saya tulis khusus buat mahasiswa kelas kreatifitas dan Inovasi.
Khususnya DIII manajemen Informatika, yang sedang full dengan tugasnya.

Tahukah ?.
Stres juga bikin kreatif looo..!
manajemen stress

Sabar baca dengan tenang ya?.
Percayalah,
MEMANG Rasanya tidak ada orang yang ingin mengalami stres. Namun sebenarnya kita tak perlu “alergi” berlebihan pada stres, karena dalam taraf tertentu stres justru bermanfaat untuk memancing kreativitas. Stres adalah respon mental seseorang dalam menghadapi berbagai persoalan. Ketika tubuh menghadapi sesuatu yang mengancam atau tekanan, ada dua respon yang muncul, yaitu melawan (fight) atau ikut terseret dalam ancaman itu (flight). Dalam kondisi ini tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin, hormon kortisol dan hormon stres lainnya.
Stress.jpg

Stres yang tidak terorganisasi itu dalam jangka lama akan menimbulkan penderitaan. Orang yang mengalaminya bisa menjadi depresi, cemas, gangguan panik, kelelahan kronik, hingga keluhan psikosomatik. Nah, di minggu ke 4 ini.Lakukan latihan seperti di bawah ini.
Latihan: “ Mengatasi Stres (Goman 2001, 25-6; dimodifikasi)” Tujuan:
1. Mengatasi penghambat kreativitas ”stres yang berlebihan”
2. Melatih kemampuan untuk keluar dari stres
3. Melatih agar tubuh mental menjadi rileks dan sehat

Langkah-langkah:

  1. Duduk di kursi atau bersila, punggung dalam kondisi tegak
  2. Pejamkan mata, tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan
  3. Rasakan udara yang masuk melalui hidung, rasakan pula udara yang dihembuskan melalui hidung
  4. Jika ada pikiran yang masuk, ikuti pikiran itu hingga Jika muncul lagi, ikuti hingga hilang
  5. Konsentrasikan lagi ke pernafasan hingga jarak pikiran yang satu dengan yang lain semakin jauh
  6. Bayangkan Saudara berada dalam sebuah taman alami yang luas, di kejauhan terlihat gunung berwarna kebiruan dengan kabut tipis, terasa menyegarkan; udara berhembus .. Di sekitar Saudara terlihat tanaman hijau, dengan bunga warna-warni, indah, dan bervariasi; aroma bunga yang lembut dan harum terasa melalui udara yang masuk dari lubang hidung…, sejuk…, segar…
  7. Bayangkan Saudara terbang seperti kupu-kupu mengitari bunga-bunga yang .., terbang kesana-kemari dengan bebas dan dengan hati yang riang. Terbang tinggi dan jauh mendekati gunung yang tinggi dengan udara di sekelilingnya yang sejuk…. terbang bebas….setinggi gunung dan langit, seluas bumi…
  8. Dengan perlahan dan tenang, lakukan hitungan mundur dari sepuluh hingga ..tenang, santai, dan rileks…
  9. Rasakan diri Saudara begitu tenang, santai, dan ..
  10. Pelan-pelan sadari sekeliling Saudara, ..buka mata…

Catatan:
Lakukan latihan ini setiap hari.  Catatlah pengalaman yang dialami dan ceritakan di kelas untuk berbagi pengalaman dengan teman-teman yang lain

Terima kasih sudah melakukan, dan menemukan blog ini.
SIP…
Anda memang kreatif.
Indahnya hidup bisa saling berbagi.
Hidup itu harus bisa membahagiakan orang lain.

TERIMA KASIH Sudah membaca artikel ini, buat mahasiswaku tercinta yang di kelas kreatifitas dan inovasi. BE POSITIF ya…”Semoga menemukan ide2x kreatif dan terbaik”
Smile…
Waalaikumsalam warahmarullahi wabarakatuh.
Lusi
Info detil latihan jika kesulitan, email : Lusiani@stikom.edu

“Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya Kampusku, Bersamamu Aku Maju”
http://www.stikom.edu
http://blog.stikom.edu/lusiani
http://blog.stikom.edu/lusiani/2017/03/09/catatan-hasil-tugas-kreatifitas-dan-inovasi-semester-162-part-1/

Lusi 31 januari 2017
“Ketika orang datang kepadamu, dan memberikan kegalauan ataupun keresahan.
TERSENYUMLAH…
Lalu katakan pada hatimu…

alhamdulillah, dan FOKUS yang positif…”
Hidup ini singkat, tetaplah melakukan yang terbaik.

 

 

 

 

Penulis: Taman Baca Lusi

Saya seorang dosen dengan sertifikasi dosen bidang Sistem Informasi. Mengajar sebagai dosen tetap di Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya (Stikom Surabaya). "Mengajar adalah Hobby, dan Alhamdulillah jika semuanya dilakukan dengan hati pasti menyenangkan". Hobby yang lain salah satunya adalah "Menulis". Inilah alasan kenapa saya ingin create blog TAMAN BACA LUSI, semoga bermanfaat dan semoga yang baca tulisan di blog ini merasa bahagia. Bismillahirohmanirohkim... Lusi, SEMOGA BERMANFAAT, dan menjadi inspirasi. Be happy.... Lusi, 5 Maret 2017

15 tanggapan untuk “Stres Juga Bikin Kreatif”

  1. Nim : 15390100023
    Nama : Johan Wijaya
    Alamat Blog : johan811.wordpress.com
    Kesan terbaikmu : terima kasih atas langkah-langkahnya untuk menghilangkan stres yang berlebihan dan hasil yang saya lakukan cukup untuk menghilangkan stres yang saya alami
    semoga bermanfaat untuk kedepannya
    keep smile…

    Disukai oleh 1 orang

  2. Nim : 15390100032
    Nama : Farel Giffari Faadillah
    Alamat Blog : farelgiffari.wordpress.com
    Kesan terbaikmu : “Stres juga bikin kreatif” menurut saya artikel yang sangat bermanfaat dan sangat membantu pada kehidupan sehari-hari dan saya sering sekali merasakannya. Terutama pada saat saya sedang dalam kondisi terpojok atau yang sering disebut “kepepet” dengan deadline, saya selalu menemukan ide-ide kreatif yang muncul seketika. Dan ide tersebut sangat membantu sebagai problem solving saya ketika saya menghadapi masalah yang sangatlah berat.

    Saya pernah mencoba menerapkan latihan mengatasi stres seperti yang ibu post pada artikel ini, dan hasilnya sangat membantu sekali untuk menenangkan pikiran kita sejenak dan me-refresh otak kita untuk mencari ide-ide baru. Hehehe ^^

    Disukai oleh 1 orang

  3. Nim : 15390100021
    Nama : Gusnedi Adam
    Alamat Blog : http://gusnediadam.blogspot.co.id/2017/03/apa-itu-kreativitas-dan-inovas-berikan.html

    Kesan Terbaikmu : “Berfikir kreatif dalam ketenangan” menurut saya dalam ketenangan kita bisa berfikir jernih dan tertata, mungkin beberapa orang memiliki kebiasaan berfikir dan berkreasi di saat suasana yang tenang dan tanpa beban pikiran. Disitulah mereka berfikir dan menemukan ide-ide kreatif yang bisa direalisasikan dalam perkuliahan maupun event-event yang akan mereka hadapi kedepanya. Mungkin dalam perkuliahan ini bisa membantu untuk menemukan ide-ide kreatif dan proses dimana kita belajar untuk menemukan ide ide tersebut.

    Disukai oleh 1 orang

  4. NIM : 15390100035
    NAMA : ADHE RAMA F
    ALAMAT BLOG : http://WWW.ADHERAMA97.WORDPRESS.COM
    KESAN : untuk latihan yang paling berkesan menurut saya adalah latihan kedua. menurut saya latihan tersebut dapat membantu saya untuk berpikir kreati, terutama ketika saya menghadapi sesuatu hal yang membuat saya grogi dan takut ketika saya menghadapinya. Dengan latihan ini saya bisa lebih mengatasi ketakutan tersebut dengan cara yang kreatif dan lebih baik.

    Disukai oleh 1 orang

  5. Nim : 15390100026
    Nama : Aysiah Sulviani
    Alamat Blog : ayslvn.worpress.com
    Kesan terbaikmu : Menurut saya latihan yang paling berkesan pada matakuliah Kreatifitas dan Inovasi adalah materi pada minggu ke dua atau latihan minggu ke dua. Disitu saya bisa berfikir secara kreatif kepada sikap atau pernyataan semua orang atau diri kita sendiri.

    Disukai oleh 2 orang

  6. Nim : 15390100009
    Nama : Achmad Syaiful
    Alamat Blog : achmadsyaiful100.wordpress.com

    Kesan pak breng : menurut saya artikel yang sangat bermanfaat dan sangat membantu pada kehidupan sehari-hari khususnya yaitu “stress juga bikin bisa kreatif”. Terutama saya juga sering mengalami stress saat ada tugas kuliah banyak dengan deadline yang mepet, dengan artikel ini saya lebih terbantu dan mendapat wawasan. Dan dengan artikel tersebut sangat membantu sebagai problema saya ketika saya menghadapi masalah yang kadang terasa sangatlah berat.

    Disukai oleh 1 orang

  7. Nim : 15390100027
    Nama : Rizky Achmad Febrianto
    Alamat Blog : http://rizfebrianto.wordpress.com/
    —————————————-
    Kesan :
    Menurut saya, latihan yang paling seru adalah latihan kedua terutama ketika menuliskan ide-ide yang muncul secara tiba-tiba. Hal tersebut sangatlah membantu saya berpikir kreatif ketika saya sedang dalam kondisi yang terjepit. Dengan munculnya ide-ide tersebut, saya sekaligus dapat melakukan hal-hal baru dan menjadi solusi beberapa masalah saya.

    Disukai oleh 1 orang

  8. Nim : 15390100029
    Nama : Muhamad Andi Anwari
    Alamat Blog : https://andianwari97.wordpress.com/

    Kesan terbaikmu : “Menuru saya yang paling berkesean di matakuliah Kreatifitas dan Inovasi adalah latihan di minggu ke-2. Karena menurut saya latihan ini dapat membatu saya lebih berpikir kreatif, terutama berfikir secara kreatif kepada pernyataan diri kita sendiri atau semua orang”.

    Disukai oleh 1 orang

  9. NIM: 15390100017
    Nama: Iswahyudi Adji Pratama
    Alamat Blog : https://iswahyudiadji.wordpress.com/
    Kesan Terbaikmu : Menurut saya dari semua latihan yang telah saya lakukan, latihan yang paling berkesan adalah latihan 2 yaitu menulis semua ide yang terlintas di pikiran, karena selama ini banyak sekali ide yang muncul secara tiba-tiba namun tidak pernah ditulis sehingga hanya akan menjadi angan-angan yang cepat di lupakan,namun denga adanya latihan ini saya bisa menyimpan semua ide yang muncul dan mingkin bisa menciptakannya suatu hari nanti. Kemudian di tugas yang sama juga ada latihan untuk mengatasi masalah atau pikiran negatif yang muncul dengan menggunakan ide-ide yang kreatif bahkan sangat unik menurut saya,sekian kesan terbaik yang saya dapat dari semua latihan yang sudah saya lakukan, terima kasih.

    Disukai oleh 1 orang

  10. NIM: 14390100010
    Nama: Diaz Malik Albashith Ananta Dasya
    Alamat Blog: http://www.diazmalik27.wordpress.com
    Kesan: latihan pada minggu ke-empat bagi saya itu yang terbaik, mengingatkan saya akan pentingnya pernafasan, melakukan olah nafas yang sudah sangat lama saya tinggalkan, hal ini memang sepele namun memiliki dampak positif yang luar biasa, dan dalam pengalaman hidup saya, olah nafas adalah salah satu cara untuk bisa merasakan dan mengolah tenaga dalam jika dilakukan dengan rutin dan benar, tentunya dengan pembimbing yang lebih paham tentang olah pernafasan dan bagaimana pengaplikasian tenaga dalam di kehidupan sehari-hari.

    Disukai oleh 1 orang

  11. Nim : 15390100024
    Nama : Aldi Tri Bayu Krisna
    Alamat Blog : alditbk.wordpress.com
    Kesan terbaikmu : “Stres juga bikin kreatif” Artikel ini mengajarkan bahwa dalam kondisi dikejar waktu pikiran kreatif pun muncul tiba – tiba. Sering muncul juga ide-ide kreatif yang konyol dan biasanya sangat membantu pekerjaan atau tugas.

    Disukai oleh 1 orang

  12. NIM : 15390100028
    NAMA : Nugroho Widianto
    ALAMAT BLOG : http://widigigi.blogspot.co.id/
    KESAN : untuk latihan yang paling berkesan menurut saya adalah latihan kedua. menurut saya latihan tersebut dapat membantu saya untuk berpikir kreatif, pada tugas tersebut kita harus berfikir kreatif bagaimana pada saat saat dimasa yang bisa dibilang kritis otak kita harus berfikir lebih dalam lagi dan lebih kreatif

    Disukai oleh 1 orang

  13. NIM : 15390100033
    Nama : Ahmad Suhail Amri
    Alamat blog : suhailamri.wordpress.com
    Kesan Terbaikmu : Menurut saya dengan kita sering berpikir positif secara tidak langsung kita akan mengurangi yang namanya stress itu sendiri. Setiap saat kita pasti dihadapkan dengan yang namanya stress entah itu masalah problematika hidup ataupun yang sering dialami mahasiswa yaitu tugas,, Jangan sampai masalah-masalah itu menjadi beban untuk kita sendiri.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar